Tuesday, February 5, 2013

Awal Perkenalan dengan PCOS


Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum aku menikah, aku sama sekali tidak tau dan tidak pernah mendengar sekalipun tentang empat huruf yang jadi tema blog aku kali ini : PCOS. Ternyata banyak juga orang2 yang tidak tau baik itu pria ataupun wanita karena selama ini aku kasihtau ke orang2 kebanyakan mereka malah balik nanya : Apa itu PCOS? J Terus, bagaimana dan kapan sih aku berkenalan dengan PCOS?

Berawal dari kepergian aku dengan suami ke dokter kandungan dengan tujuan memeriksakan kesehatan kami sehubungan dengan udah 1 tahun sejak nikah aku blm hamil2 juga. Singkat kata, dari sekian proses pemeriksaan, dokter memberitahukan aku bahwa aku mengidap PCOS. What? Makanan sejenis apa itu? :D Dokter pun menjelaskan bla..bla..bla.. Dari penjelasan dokter akupun paham penyebab aku belum hamil2 juga. Ternyata si PCOS ini biang keladinya. Pas di dokter sih ekspresiku biasa2 aja, cool2 aja, walaupun sedikit down juga. Tetapiii, waktu sampe rumah hubby ku tuh yg sibuk menenangkan aq karena aq langsung nangis Bombay.  Hehehe.  Apa sih PCO itu? Sebegitukah menakutkannya sampai2 bisa buat aku jadi nangis? Hehe. Yang pasti itulah sepenggal kisah perkenalanku dengan PCOS.

Kalian boleh berkenalan, tapi aku harap kalian sehat2 aja dan tidak mengalami hal yang serupa. Sedangkan yang nasibnya sama denganku? Yuk kita sharing dan berjuang bersama2 untuk memberantas kenakalan PCOS yang ada di tubuh kita ini! Caiiyyoooo!!! J

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7 comments:

Unknown said...

Assalamialaikum...
Salam kenal bunda.. , aq sudah menikah 7 tahun, tapi sampai saat ini aq belum pernah hamil, pas pernikahan kami memasuki th ke 3, kami melakukan pemeriksaan lengkap, walhasil alhmdlh td terlalu mengkhawatirkan, hanya sel telur g yg kecil2, jadi dikasih obar tuk perangsang pembesaran sel telur, kira2 aq menjalanin program hanya setengah tahunan, krn aq masih kerja, dan repot tuk bolak balik ke dokternya, dan juga bosen makan obatnya... :)
Lama ga ke dokter, akhirnya aq memutuskan tuh berhenti kerja, krn ingin fokus, di tahun 2011 mulai lg tuk program k dokter, berjalan sampai 1 th, dokter bingung, dan menyarankan tuk bayi tabung, krn pernah inseminasi tp gagal juga. Setelah dokter bilang tuk bayi tabung, kami stop dulu tuk menjalani program, krn kl mo bayi tabung, biayanya yg cukup mahal. Maklum sekarang yg bekerja hanya suami saja.. :) akhirnya kami istirahat sekitar 3 bln tuk ga ke dokter. Dan mulai bln feb 2013 kmrn kami k dokter lg, tp memutuskan tuk pindah dokter, setelah 2 kali siklus mens, dokter jg bingung, td nya dokter kira kl aq pcos, tp siklus mens aq ga ada masalah, dan hasil tes hormon LH 8,1 dan FSH 7,9, yg menurut dokter seharusnya ga masalah... (hhhmmm aq jd bingung sendiri... Dokternya aj bingung... :) ) tp alhmdlh dokter aq yg sekarang orgnya sabar, dan care. Smg dokter aq yg sekarang bisa membantu aq menyelesaikan masalahnya... Amin...

Unknown said...

assalamualaikum.
salam kenal bunda..
aku mengalami hal yg sama, meskipun baru 4 bulan menikah tp aku sudah down saat 3 bln lalu aku cek ke dokter dan dinyatakan pcos. sampai saat ini aku selalu mencaritau cara agar sembuh dr si pcos itu. aku sebenarnya ingin berobat ke dokter sj tp biayanya pasti semakin mahal dan itu yg jadi pertimbanganku utk beralih mengkonsumsi makanan2 untuk menyembuhkan pco. tp aku sama bimbangnya antara meneruskan berobat ke dokter atau hanya mengkonsumsi herbal saja krna ada yg hanya mengkonsumsi buah dll sj berhasil.
jadi sebaiknya apa sy meneruskan ke dokter atau tidak ya bund...?? :(

wassalam.
Fitri

Unknown said...

Assalamualaikum,
Salam kenal balik... :p
Kebetulan mampir d sini. Sy sdh menikah 3.5 th dan sdh promil k dokter 3 th blm dpt hasil positif. Yg sy dpt hanya berat badan yg semakin naik. Kira2 naik 20 kg. Terakhir dokter mendiagnosa sy kena pcos. Dilema memang, agar pcos berkurang harus menurunkan berar badan sebaliknya pil hormon promil bkn berat badan naik. Akhir nya stlh program inseminasi yg ke-3 dan gagal lg, sy memutuskan stop promil dl. Sy konsen untuk program penurunan berat badan dg mengukti saran dr dokter spesialis gizi.
Oya teman sy ad yg pcos jg. Alhamdulillah sdh hamil scr alami (tdk dg inseminasi dan bayi tabung). Sblm hamil dia menjaga pola hidup sehat. Mengurangi asupan makanan yg berkadar gula tinggi, bnyk makan sayuran dan buah. Tidak makan fast food dan msg. Plus olah raga rutin min 3x seminggu. Stlh 5 bln hidup sehat gt dia hamil. Oya sblm hamil siklus haidnya msh kacau tp atas ijin Allah semua bs terjadi.
Semoga cerita sy bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb.

Unknown said...

salam kenal mba,

ternyata banyak juga ya wanita yg terkena PCOS, aku salah satu nya bru nikah 3bln dan berturut" haid ku ini gak lancar selalu datang 2x dalam 1 bln. sampai akhirnya aku periksa ke dok dan dok bilang aku ada pcos trus indung telur ku kecil" dan gak beraturan.. aku di anjurin minum pil kb selama 3bln tp aku ragu karna banyak yg bilang pl kb bs ngeringin peranakan. makanya aku sedikit ragu untuk minum pil kb ini, aku dikasih diane aku rutin minum hanya 1bln dan skg ingin cb obat herbal tp blum tau harus berobat kemana.. padahal aku dan suami pengen banget punya anak tp karna pcos ini aku jd ngedrop sedih rasanya.. semoga aku bisa kuat buat basmi pcos ini di tubuh aku amiin...

wassalam

Unknown said...

Assalamualaikum..
Saya masih gadis, siklus haid saya sebetulnya normal saja, kec saat 2012 sy hais cukup lama 33 hr dan sering (bisa selang seminggu haid). Th ini 2016 sya kembali haid ckp lama 37 hr awal k dr. Tdk ada masalah d beri obat penghenti perdarahan namun hingga hr k 37 msh blm berhenti. Smpai sy brobat lg dan ternyata sya PCO, sy sama sekali tdk berfikir bhwa pco bs menghambat wanita untuk hamil, saat d dokter sya baik2 saja, penjelasanya hy seputar mekanisme si pco ini, g da fikiran bhw akan seperti ini. Saat arah pulang sy cr tau apa itu pco daaan sangat sangat terkejut, jika masalah bunda2 di sini bgmana untuk hamil, mslh sy bgmn menjelaskan pd calon suami bhw saya pco,. Semoga semua yg senasib bisa melawan pco ini, smg Allah karuniakan kita putra putri soleh soleha aamiin..

Unknown said...

betul mbak tetap berjuang dan ikhtiar dalam menghadari situasi menderita PCOS karena walaupun demikian kesempatan untuk bisa mendapatkan momosan masih terbuka !

Unknown said...

terimakasih ibu2 yg sudah share,,,,

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates