Wednesday, July 29, 2015

Perjuangan untuk Hamil (lagi)

Assalamualaikum wr.wb.

Setelah sekian lama saya sempatkan utk ngeblog lagi. Momennya pun pas, karena saat ini saya sudah ingin memiliki anak lagi. Hehe. Kalau kemarin-kemarin anak saya masih kecil, sekarang setelah anak pertama saya menginjak usia 1,5 tahun entah kenapa saya ingin menambah lagi anggota di keluarga kami. Sebenarnya keinginan itu biasa saja, kalau tidak dapat sekarang-sekarang ini ya tidak apa-apa juga, saya bisa berkonsentrasi dulu mengurus anak saya sekarang.

Keinginan hamil ini timbul juga karena pertanyaan yang ada di kepala saya. Saya ini, gak pake KB-KBan kayak moms2 lainnya. Sejak melahirkan sampe sekarang. Tapi, saya belum hamil-hamil juga. Sudah jelas, pasti si PCOS ini lagi yg menghalanginya. Saya tau, syndrom PCOS ini pasti bakal datang lagi ke tubuh saya, apalagi saya tidak menjaga pola makan. Pada awalnya saya biarkan saja PCOS ini karena saya toh jg belum mau hamil lagi, ingin fokus mengurus anak saya dulu yg baru lahir. Tapi seiring waktu berjalan, dengan siklus menstruasi yg kembali diluar normal, dicampur keinginan punya anak lagi karena melihat saudara-saudara saya hamil,hehe.. Akhirnya saya memutuskan untuk ikhtiar lagi.

Bukannya saya percaya sekali dgn Vitex dkk, tapi karena kehamilan saya kemarin setelah mengkonsumsi vitamin itu, maka ikhtiar pertama saya ya jelas dengan mengkonsumsi Vitex saja. Selain itu dengan doa dari saya sendiri (kali ini tidak pakai yasinan setiap malam jumat).

Kira-kira seminggu setelah minum Vitex ini, langsung terasa manfaat dalam tubuh saya. Yang sebelum-sebelumnya saya sampai 1,5-2 bulan lebih siklus haidnya, kali ini saya langsung dapat haid. Saya bersyukur, karena utk kesuburan jadi bagus kalau siklus haid kita normal.

Sekarang saya sudah melewati masa subur. dan tinggal menunggu apakah ikhtiar saya ini berhasil atau tidak. Sampai saat ini saya tetap minum Vitex sekali sehari n selalu berdoa kepada Allah SWT (kalau itu pasti). Kita lihat, nanti saya kabari lagi apa hasilnya. :)

Sunday, August 31, 2014

Alhamdulillah saya hamil

Assalamualaikum wr.wb.

Mohon maaf sebelumnya baru nulis blog lagi.

Alhamdulillah, saya udah berhasil hamil dan sudah melahirkan dari bulan desember tahun 2013 kemarin. Anak saya sekarang dah berumur 9 bulan.

Kehamilan saya tentu merupakan anugerah dari Allah SWT. Namun sebagai manusia saya tetap menjalankan ikhtiar saat itu. Ikhtiar saya terbagi menjadi dua, yaitu berupa doa dan usaha mengkonsumsi vitamin.

Doa yang kami jalankan waktu itu khusus dipimpin ayah mertua saya, yaitu yasinan setiap malam jumat.
Alhamdulillah tidak lama setelah memulai kegiatan yasinan tersebut, saya pun hamil/

Sedangkan usaha mengkonsumsi vitamin adalah
1. Vitex (obat herbal dari Amerika untuk wanita2 yang haidnya tidak lancar). Cocok untuk kasus PCOS seperti saya ini.
2. Royal Jelly (produk luar juga), manfaatnya untuk memperbesar sel telur.
3. Minyak Ikan Salmon (produk luar), manfaatnya untuk memperkuat rahim.
Setelah 1 bulan mengkonsumsi 3 vitamin itu, alhamdulillah saya hamil.

Mudah2an teman2 sesama PCOS cepat hamil jg ya, jangan patah semangat. Tetap doa n usaha terus.
Amin.

Wassalamualaikum wr.wb.

Wednesday, February 6, 2013

Usahaku Selama Ini


Halo semua… J

Aku mau cerita apa-apa aja yang udah aku lakukan selama ini sejak pertama kalinya aku tau kalo aku mengidap PCOS. Sebenarnya nggak banyak yg udah aku lakukan. Usaha pertama yg bener-bener konsisten adalah 1 tahun lalu dimana sekitar 2 bulan lamanya aku mengkonsumsi :

1.      Jus wortel satu hari sekali. Jus wortel ini terdiri dari 2 buah wortel, 1 buah apel n 1 buah tomat. Cara buat jusnya pun bukan di blender tapi menggunakan juicer. Kalau pake juicer ampasnya gak ikut dan langsung sarinya aja. Minumnya jadi lebih nikmat karena gak kena ampasnya.
2.      Vitamin natur-e dua kali sehari.
3.      Madu dua kali sehari.
4.      Minum susu Prenagen Esensis.

Tapi semua itu bertahan cuma 2 bulan aja karena lama-lama penyakit tidak disiplin dan malas menerjang lagi. Hehe. Setelah itu gak ada lagi, baru 1 bulan terakhir ini yg aku lakukan adalah :
1.   Olahraga tiap hari or 2 hari sekali pake alat gym selama 30 menit (tapi sekarang lagi gak bisa olahraga pake alat itu karena alatnya lagi rusak L, rencananya ganti aerobik )
2.      Sarapan pake Quacker Oatmeal + pisang
3.      Minum Madu
4.      Nasi dikurangi porsinya
5.      Malem gak makan besar

Itulah yg aq lakukan. Tapi aq masih belum puas dengan yg aq lakuin. Aq bakal menggali terus segala informasi mengenai diet seperti yg bener2 tepat bagi penderita PCOS. Makanan n minuman apa yg bagus dan tidak bagus untuk dikonsumsi.

Rencananya besok aku mau mulai lagi buat jus wortel n makan apel rutin tiap malemnya. Karena aku baca artikel wortel n apel itu bagus untuk yg diet PCOS. Di artikel selanjutnya aku bakalan bahas diet untuk penderita PCOS dari sumber yg aq temukan.

Sekian dulu ya, thank you.. J

Tuesday, February 5, 2013

Apa itu PCOS ?

Buat yang baru mengenal PCOS, berikut ini penjelasan tentang PCOS yang aku ambil dari berbagai sumber…

PCOS : Polycystic Ovary Syndrome

PCOS adalah penyebab paling umum masalah ketidaksuburan pada wanita.

DEFINISI

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada masa reproduktif wanita. Nama kondisi ini di dapat dari pembesaran dan banyaknya kista kecil yang terdapat di sepanjang ujung terluar dari masing-masing indung telur –tetapi tidak semua.


Foto hasil USG yg menunjukkan kondisi PCO, banyaknya kista kecil terdapat di indung telur

Masa mentruasi yang tidak teratur dan berkepanjangan, pertumbuhan rambut yang berlebihan, jerawat dan obesitas dapat terjadi pada wanita dengan kondisi ini. Menstruasi yang tidak normal dapat menjadi pertanda kondisi ini pada usia remaja, atau PCOS dapat diikuti dengan pertambahan berat badan atau sulit untuk hamil.

Penyebab pasti PCOS tidak diketahui. Wanita dengan kondisi ini dapat sulit untuk menjadi hamil. Diagnosis dan pengobatan secara dini dapat membantu mengurangi risiko komplikasi jangka panjang, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.



GEJALA

Tanda dan gejala polycystic ovary syndrome (PCOS) sering dimulai sesaat setelah masa menstruasi pertama (menarche). Pada beberapa kasus, PCOS terjadi setelah masa reproduktif anda. Tanda dan gejalanya bervariasi pada setiap wanita baik jenis ataupun tingkat keparahannya. Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter mempertimbangkan setidaknya dua dari gejala berikut:
• Periode menstruasi yang tidak teratur.
• Kelebihan kadar androgen (hormon laki-laki) pada wanita yang ditandai dengan banyaknya rambut wajah atau tubuh.
• Pembesaran indung telur (ovary) yang terdiri dari sejumlah kista melalui pemeriksaan.

Kondisi lain yang berhubungan dengan PCOS adalah:
• Ketidaksuburan
• Obesitas
• Diabetes tipe 2
• Acanthosis nigrican -penggelapan atau kulit yang seperti beludru pada leher, ketiak, pangkal paha, kemaluan atau dibawah payudara.


Penyebab & Faktor Risiko

Siklus reproduksi normal diatur oleh perubahan kadar hormon yang diproduksi kelenjar pituitary pada otak dan indung telur anda. Kelenjar pituitary menghasilkan follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH) yang mengatur pertumbuhan dan pelepasan telur (ovulasi) di dalam indung telur. Dalam siklus bulanan, ovulasi terjadi dua minggu sebelum masa menstruasi anda.

Indung telur anda melepaskan hormon estrogen dan progesterone yang mempersiapkan dinding uterus untuk menerima sel telur yang matang. Indung telur juga menghasilkan beberapa hormon laki-laki (androgen), seperti testosterone.

Pada PCOS, kelenjar pituitary mengeluarkan LH dalam jumlah banyak dan indung telur menghasilkan kelebihan androgen. Ini menyebabkan siklus menstruasi yang tidak normal dan menyebabkan ketidaksuburan, rambut tubuh yang berlebihan dan jerawat.

Para dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan PCOS, tetapi faktor berikut dapat memainkan peran:
• Kelebihan insulin di dalam tubuh sehingga memacu produksi androgen di dalam indung telur.
• Peradangan ringan sehingga memicu resistensi insulin dan akumulasi kolesterol di dalam pembuluh darah (atherosclerosis). Atherosclerosis menyebabkan gangguan kardiovaskular. Penelitian menunjukkan para wanita dengan PCOS memiliki peradangan ringan.
• Faktor keturunan.


PCOS Bisa Hamil
Agar cepat hamil pada penderita PCOs yg masih ingin hamil dapat diberikan terapi:

  1. Terapi resistensi insulin untuk meningkatkan keberhasilan pengobatan. 
  2. Terapi obat penyubur atau hormon untuk merangsang ovulasi (pelepasan sel telur) 
  3. Pengangkatan kista agar kondisi tubuh lebih mendukung untuk terjadinya ovulasi



Awal Perkenalan dengan PCOS


Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum aku menikah, aku sama sekali tidak tau dan tidak pernah mendengar sekalipun tentang empat huruf yang jadi tema blog aku kali ini : PCOS. Ternyata banyak juga orang2 yang tidak tau baik itu pria ataupun wanita karena selama ini aku kasihtau ke orang2 kebanyakan mereka malah balik nanya : Apa itu PCOS? J Terus, bagaimana dan kapan sih aku berkenalan dengan PCOS?

Berawal dari kepergian aku dengan suami ke dokter kandungan dengan tujuan memeriksakan kesehatan kami sehubungan dengan udah 1 tahun sejak nikah aku blm hamil2 juga. Singkat kata, dari sekian proses pemeriksaan, dokter memberitahukan aku bahwa aku mengidap PCOS. What? Makanan sejenis apa itu? :D Dokter pun menjelaskan bla..bla..bla.. Dari penjelasan dokter akupun paham penyebab aku belum hamil2 juga. Ternyata si PCOS ini biang keladinya. Pas di dokter sih ekspresiku biasa2 aja, cool2 aja, walaupun sedikit down juga. Tetapiii, waktu sampe rumah hubby ku tuh yg sibuk menenangkan aq karena aq langsung nangis Bombay.  Hehehe.  Apa sih PCO itu? Sebegitukah menakutkannya sampai2 bisa buat aku jadi nangis? Hehe. Yang pasti itulah sepenggal kisah perkenalanku dengan PCOS.

Kalian boleh berkenalan, tapi aku harap kalian sehat2 aja dan tidak mengalami hal yang serupa. Sedangkan yang nasibnya sama denganku? Yuk kita sharing dan berjuang bersama2 untuk memberantas kenakalan PCOS yang ada di tubuh kita ini! Caiiyyoooo!!! J

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Template by:

Free Blog Templates